Taman Harmoni Keputih Surabaya

Taman Harmoni Keputih Surabaya. ketika anda sedang mengunjungi sanak famili atau silaturahmi ke saudara di surabaya berarti anda mempunyai kesempatan yang baik untuk mencicipi indahnya taman-taman kota surabaya. ya selain dikenal dengan taman metropolitan, surabaya juga dikenal dengan kota taman karena mempunyai banyak taman yang terletak di berbagai sudut kota surabaya. sebut saja taman apsari, taman ekspresi, taman prestasi, taman persahabatan, taman lansia, taman kunang-kunang.

bukan hanya itu saja surabaya masih mempunyai beberapa taman kota lagi diantaranya taman flora surabaya, kebun bibit surabaya, taman bungkul surabaya. taman bungkul surabaya sudah mendapatkan penghargaan sebagai taman terbaik se-asia atau Asean Townscape Awards (ATA) yang diberikan oleh Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) tahun 2013. selain itu surabaya juga punya taman harmoni keputih surabaya. kadang orang menyebutnya taman keputih surabaya saja, tanpa menyebutkan kata harmoni.

padahal taman harmoni keputih surabaya ini merupakan mega proyek yang ada di surabaya timur dalam rangka meratakan pembangunan taman di seluruh kota surabaya dan upaya menyuburkan kembali tanah eks tempat pembuangan akhir (TPA) sampah keputih setelah 11 tahun ditutup. tanah yang luasnya 50 ha ini rencanaya tidak hanya untuk taman berbunga saja atau ada juga yang menyebutnya taman sakura keputih surabaya, tapi akan dibangun track sepeda, sungai buatan, air mancur, tanaman obat, rumah baca, kantor pengelola, musholla, kantin, gazebo, arena outbond, taman bermain anak, taman remaja, taman lalu lintas dan wacana dibangun rumah susun.

jangan khawatir untuk biaya masuk taman harmoni keputih surabaya ini karena untuk saat ini gratis alias tidak dikenakan biaya kecuali untuk parkir kendaraan saja. hal ini sama dengan taman-taman kota di surabaya lainnya yang juga tidak dikenai harga tiket masuk alias gratis. konsep taman sakura keputih ini merupakan kombinasi dari taman kota dan hutan kota. dimana 5 ha dari 50 ha digunakan untuk sentra PKL atau kawasan perdagangan agar ekonomi masyarakat juga berkembang.

Rute ke Taman Harmoni Keputih Surabaya

jalan ke taman keputih surabaya ini sama saja ketika kita pergi ke taman bambu keputih surabaya karena letak taman bambu keputih berada di sebelah utara taman berbunga ini. sebenarnaya taman bambu keputih yang sering dijadikan obyek fotografi ini terbelah menjadi 2 bagian oleh jalan raya. sebelah utara jalan dan sebelah selatan jalan, hutan bambu yang berada disebelah selatan jalan menjadi satu dengan taman sakura atau taman melati keputih begitu beberapa orang menyebutnya.

begitu juga ketika anda akan pergi ke terminal keputih, anda juga menuju ke Taman Harmoni Keputih Surabaya karena letak terminal berdampingan dengan taman bunga keputih ini. keduanya tidak ada dinding pemisahnya, jika anda berada di terminal maka jalan beberapa langkah anda sudah sampai taman keputih surabaya. ketika telah masuk waktu sholat namun anda masih berada di taman anda dapat sholat di musholla terminal keputih karena saat ini masih belum dibangun musholla di taman sakura ini. jika anda ingin ke taman bunga ini silahkan naik lyn JBM bratang dan turun di terminal keputih atau dapat juga anda naik lyn O dan turun di terminal keputih yang baru dibangun tesebut. utnuk mempermudah silahkan download rute angkot surabaya lengkap di akhir artikel ini.

Fasilitas Taman Harmoni Keputih Surabaya

meskipun belum lengkap pembangun taman keputih ini, namun jika anda pergi kesini anda tidak akan kecewa. indahnya pemandangan bunga berwarna warni siap menyejukkan mata anda setelah lelah aktifitas selama seminggu. ada banyak bunga yang menantang untuk dipandang seperti bunga jakaranda, pagoda, tabebaya (yang merupakan sakuranya surabaya), bungur dll. mereka dikelompokkan menjadi beberapa blok dan pemisahan warna tiap bloknya, ada bunga warna putih, oranye, merah, ungu, kuning, merah muda dan magenta.
Taman Harmoni Keputih Surabaya
perpaduan merah ungu kuning dan oranye
Taman Harmoni Keputih Surabaya
semerbak ungu
Taman Harmoni Keputih Surabaya
kombinasi ungu magenta dan oranye
Taman Harmoni Keputih Surabaya
oranye yang memesona
Taman Harmoni Keputih Surabaya
antara putih kuning dan oranye
Taman Harmoni Keputih Surabaya
jalan diiringi bunga merah
Taman Harmoni Keputih Surabaya
bunga ungu sepanjang jalan
Taman Harmoni Keputih Surabaya
oranye di tepi jalan
Taman Harmoni Keputih Surabaya
magenta pinggir jalan
Taman Harmoni Keputih Surabaya
terowongan daun
Taman Harmoni Keputih Surabaya
track kesehatan kaki
Taman Harmoni Keputih Surabaya
toilet
Taman Harmoni Keputih Surabaya
air mancur
Taman Harmoni Keputih Surabaya
taman harmoni sebelum ada bunga
selain lanscape bunga nan indah mempesona, bagi anak-anak tersedia area bermain yang mengasikkan yaitu seluncuran, jungkat-jungkit, ayunan bersama, panjat tangga besi, ayunan yang tersebar di dua titik. ada bangunan air mancur dan toilet. track jogging yang membelah taman berbunga juga track lansia. jika anda kesana siang hari, anda dapat berteduh di beberapa spot jogging track yang dilindungi tanaman rindang menyerupai terowongan daun yang hijau dan teduh. selain itu di Taman Harmoni Keputih Surabaya juga bertebaran tempat duduk yang teduh untuk menikmati eloknya pemandangan bunga yang tertata rapi. 
Taman Harmoni Keputih Surabaya
ayunan bersama dan panjat besi
Taman Harmoni Keputih Surabaya
jungkat-jungkit, seluncuran dan ayunan
Taman Harmoni Keputih Surabaya
ayunan
Taman Harmoni Keputih Surabaya
bergelantungan hehe
tak lupa Taman Harmoni Keputih Surabaya dihiasi dengan hutan bambu surabaya. tempat yang biasa disukai para fotografer ini juga memperindah taman keputih surabaya ini. mohon maaf disini tidak sedang membahas taman bunga nusantara, cibubur, begonia, bandung, puncak, lembang di bandung, matahari, mekarsari, ros, cipanas atau pun taman bunga di jakarta. tapi yang dibahas adalah taman bunga keputih surabaya. tulisan ini diambil dari beberapa web diantaranya wartaekonomi.co.id dan publikasiilmiah.ums.ac.id.selain wisata taman kota anda juga dapat rekreasi ke Kebun Binatang Surabaya
Taman Harmoni Keputih Surabaya
hutan bambu
Taman Harmoni Keputih Surabaya
hutan bambu sisi lain

  Download Rute Angkot Surabaya

Subscribe to receive free email updates:

16 Responses to "Taman Harmoni Keputih Surabaya"

  1. Boleh nggak ya adakan kegiatan belajar keagamaan di Taman Harmoni Keputih ini?

    BalasHapus
    Balasan
    1. terakhir ke taman harmony atau sakura surabaya,
      belum menyediakan tempat untuk kegiatan indoor.
      karena masih dalam tahap pembangunan. terima kasih
      sudah mampir

      Hapus
  2. Ibu Risma luar biasa ... tapi jangan lupa untuk membangun dan mengembangkan serta memperindah wilayah Surabaya Utara. Karena Wilayah ini sangat terlihat kumuh dan tidak rapi,apalagi wilayah pinggirannya. Banyak rumah berdiri diatas kali yang seharusnya tidak boleh ada.Bangunan liar dll, yang pasti tidak patut dibanggakan.Wilayahnya antara lain, Wilayah Kalimas, Kebalen, Indrapura, Kapasan, Wonokusumo, Ampel dan sekitarnya.Patut disayangkan kalo Ibu Risma hanya membangun wilayah lain dengan indahnya, akan tetapi masih banyak wilayah lain di Surabaya yang sangat tidak indah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ini masukan yang baik. terima kasih sudah mampir
      di taman harmoni sakura surabaya.

      Hapus
  3. Di taman ini adakah bunga matahari kak???

    BalasHapus
    Balasan
    1. beberapa kali kesana tidak menenukan bunga
      matahari di lokasi taman keputih surabaya

      Hapus
  4. Sakuranya berbunga tiap bulan aoa ya?thx infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah kurang tahu juga tapi setiap kali kesana ada
      bunganya

      Hapus
  5. Jam mulai buka dan tutupnya sampek jam berapa ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. taman harmoni surabaya atau sering disebut taman
      sakura masih dalam kondisi terbuka (belum ada
      pagar) dan tidak ada jam tutup resmi.

      Hapus
  6. @Dina Tampubolon: Dulu ditaman tersebut pernah ditanami bunga matahari tapi tidak banyak tapi tidaktahu sekarang masih ada apa tidak

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih tambahan infonya walaupun saya
      belum melihat selama beberapa kali kesana.

      Hapus
  7. Bisakah tempat itu di buat prewedd ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sekarang sudah bermunculan bunga warna warni
      lagi, berbeda ketika musim panas yang lalu yang
      sulit dibuat untuk dokumentasi

      Hapus
  8. Kalau masuk ke taman harmoni tiketnya berapa ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. gratis untuk masuk taman di keputih surabaya ini. hanya bayar parkir saja.

      Hapus